Bagaimana Memilih Sapi Kurban yang Benar? Ikuti Tips Ini

Tidak terasa sebentar lagi kita seluruh umat muslim akan merayakan hari Raya Idul Adha. Setiap tahunnya, Hari Raya Idul Adha akan jatuh di  tanggal 10 bulan Dzulhijjah. Biasanya untuk perayaan Idul Adha semua orang pasti sudah mengetahui bahwa Idul Adha akan selalu identik dengan adanya penyembelihan dari hewan ternak atau hewan kurban. Penyembelihan ini dengan menggunakan beberapa hewan ternak seperti kambing, sapi, domba, kerbau, dan unta. Namun untuk hewan kambing kurban dan sapi kurban merupakan hewan favorit untuk banyak umat muslim di Indonesia.

Penyembelihan untuk hewan ini dilakukan setelah melakukan salat Ied atau ketika waktu dhuha. Semua tata cara untuk penyembelihan sudah tertulis di syariat Islam yang benar adanya. Tidak terasa sebentar lagi kita seluruh umat muslim akan merayakan hari Raya Idul Adha. Setiap tahunnya, Hari Raya Idul Adha akan jatuh di  tanggal 10 bulan Dzulhijjah. Biasanya untuk perayaan Idul Adha semua orang pasti sudah mengetahui bahwa Idul Adha akan selalu identik dengan adanya penyembelihan dari hewan ternak atau hewan kurban. Penyembelihan ini dengan menggunakan beberapa hewan ternak seperti kambing, sapi, domba, kerbau, dan unta. Namun untuk hewan kambing kurban dan sapi kurban merupakan hewan favorit untuk banyak umat muslim di Indonesia. Penyembelihan untuk hewan ini dilakukan setelah melakukan salat Ied atau ketika waktu dhuha. Semua tata cara untuk penyembelihan sudah tertulis di syariat Islam yang benar adanya.

Melakukan penyembelihan memang harus ada beberapa tahapan terlebih dahulu yang harus diikuti sesuai syariat Islam. Untuk hewan terfavorit yang dipilih untuk dikurbankan khususnya di Indonesia adalah kambing dan sapi. Namun ternyata lebih banyak yang menyukai daging sapi karena rasa daging yang lebih enak walaupun harganya jauh lebih mahal sapi daripada kurban. Supaya syah dan halal, hewan yang dikurbankan salah satunya sapi kurban tidak boleh dipilih secara asal dan sesuka hati. Nah, bagi Anda yang ingin berniat untuk berkurban sapi juga harus memiliki tips dalam memilih sapi yang akan dijadikan kurban nanti.

Akan sangat penting untuk Anda mengetahui bagaimana cara dalam memilih hewan kurban khususnya sapi kurban yang baik dan benar menurut syariat Islam.

Beberapa tipsnya adalah sebagai berikut:

• Untuk sapi atau hewan lainnya yang dikurbankan tidak boleh memiliki cacat fisik seperti buta, kaki pincang, sering sakit-sakitan, kurus dan tidak berdaya.

• Sapi yang dipilih untuk kurban harus dimiliki dengan kepemilikan yang sudah sah, tidak boleh dari hasil yang tidak halal seperti merampas atau mencuri dan dibeli dengan uang dari hasil yang haram.

• Pemilihan sapi harus berusia yang sudah ditentukan. Untuk usia sapi yang akan dikurbankan harus yang sudah minimal berusia 22 bulan.

• Pemilihan tinggal sapi dirawat adalah hal yang penting juga. Anda dianjurkan untuk membeli sapi yang dirawat di tempat yang bersih jauh dari tempat yang kotor seperti pembuangan sampah, karena akan berpotensi tidak sehat dan berbahaya untuk yang mengonsumsinya nanti.

Sekiranya itulah beberapa tips dan cara untuk memilih sapi kurban yang baik dan benar menurut syariat Islam. Karena hewan sapi ini mahal maka saat ini banyak yang membelinya dengan patungan untuk dikurbankan. Bagi Anda yang akan memilih hewan untuk dikurbankan khususnya sapi, sebaiknya harus mengikuti anjuran di atas supaya hewan yang dikurbankan baik dan benar. Anda juga dapat mengunjungi globalqurban.com untuk kemudahan berkurban secara online.

Leave a Reply

Name *
Email *
Website