Cara Praktis Menabung untuk Qurban

Menabung untuk qurban saat ini banyak dilakukan masyarakat supaya niatnya untuk menabung lebih terjamin bisa direalisasikan. Karena jika tidak dengan menabung qurban terkadang dana yang dimiliki tidak mencukupi untuk membeli hewan qurban akibat dana tersebut habis terpakai untuk pengeluaran lain. Apalagi tidak dapat dipungkiri bahwa hingga saat ini harga hewan qurban selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya. Oleh sebab itu, hambatan kenaikan harga hewan qurban tersebut bisa diatasi dengan cara menabung. Menabung dengan tujuan untuk qurban ini hukumnya adalah boleh dan tidak ada dalil yang melarang, karena tabungan untuk qurban merupakan sarana supaya ibadah qurban bisa terwujud.

Saat ini program tabungan qurban banyak ditawarakan oleh lembaga pengelola zakat independen, salan satunya adalah Global Zakat. Sebagai salah satu lembaga pengelola zakat yang profesional, Global zakat menjalankan sistem pengelolaan zakat yang dilakukan secara online, termasuk program tabungan qurban. Ada beberapa paket menabung untuk qurban yang dapat dipilih, mulai dari paket tabungan qurban untuk 6 hingga 10 bulan. Paket tabungan qurban untuk setengah tahun dalam bentuk 1/7 sapi besaran cicilannya adalah Rp 175.000 per bulan, sedangkan paket tabungan qurban untuk setengah tahun dalam bentuk satu ekor kambing besaran cicilannya adalah Rp 160.000 per bulan.

Namun apabila Anda merasa keberatan dengan besaran cicilan tersebut, Anda boleh tidak memilih paket tersebut, sehingga bisa membayar cicilan dengan semampunya dan kapan pun yang diinginkan. Anda juga tidak perlu khawatir jika tidak mengetahui apakah cicilan yang Anda bayarkan sudah mencukupi atau belum, karena pihak panitia akan mengirimkan laporan dana tabungan Anda setiap bulannya, sehingga program tersebut sangat terjamin dan dapat dipercaya.

Untuk memulai tabungan qurban, Anda hanya perlu mempersiapkan identitas diri berupa KTP, SIM, atau paspor. Setelah itu, Anda dapat melakukan transaksi menabung untuk qurban dengan cara mentransfer sejumlah uang cicilan yang telah disepakati melalui rekening Global Qurban yang dipilih. Selain itu, Anda juga bisa langsung melakukan transaksi melalui mitra bank, misalnya melalui BNI iB Hasanah, atau bisa juga melalui BSM Tabungan Kurban yang akan melayani dengan prinsip syariah mudharabah muthlaqah. Namun nominal setoran minimal melalui mitra bank tersebut adalah Rp 50.000. (Info lebih lengap untuk kurban lihat disini)

Apabila jumlah dana yang sudah dicicil untuk membeli hewan qurban tersebut belum bisa dilunasi hingga tiba hari raya Idul Adha, maka dana yang terhimpun tidak akan hangus karena otomatis akan dialokasikan ke periode qurban berikutnya hingga cicilan tersebut terlunasi. Jika sudah lunas, sehari sebelum hari raya Idul Adha, hewan qurban yang telah dilunasi akan dikirim langsung ke rumah Anda. Oleh sebab itu, kini berkurban melalui Global Qurban lebih praktis, efisien, hemat, dan tentunya menyenangkan, apalagi melalui lembaga tersebut Anda bisa menabung untuk qurban.

Leave a Reply

Name *
Email *
Website