Amandel, Apa Sih Fungsinya?

Kita pasti pernah mendengar kata amandel atau penyakit amandel. Namun, yang belum diketahui oleh banyak orang dan seringkali disalahartikan adalah sebutan penyakit amandel itu sendiri. Amandel adalah salah satu organ tubuh manusia. Organ tubuh satu ini bisa jadi terserang radang sehingga menjadi radang amandel, satu penyakit yang kerap disebut penyakit amandel. Sebagai organ tubuh yang dimiliki manusia, sudah pasti amandel ini memiliki fungsi tersendiri.

Fungsi Amandel Bagi Manusia

Hingga saat ini memang belum banyak ditemukan adanya literatur atau text book yang secara pasti membahas kegunaan amandel. Namun saat seseorang mengalami gangguan amandel, katakanlah peradangan, sudah pasti akan menimbulkan gejala yang tidak mengenakkan bagi tubuh. Dari sinilah bisa diambil kesimpulan bahwa amandel memiliki fungsi tertentu bagi tubuh. Amandel adalah bagian dari sistem limfatik yang memiliki fungsi dalam melindungi tubuh dari serangan kuman berbahaya. Secara anatomis, letaknya ada di belakang mulut serta menjadi benteng pertama bagi pertahanan terhadap semua jenis udara, debu dan polutan yang terhirup ataupun tertelan.

Beragam penyakit yang kerap menyerang amandel di antaranya adalah peritonsiler abses sebagai akibat dari infeksi yang menyebabkan radang tenggorokan serta tonsilitis acute yang terjadi akibat infeksi virus serta bakteri. Gejala sakit yang sering muncul di antaranya adalah nyeri tenggorokan, sulit menelan, tidur dengan mengeluarkan suara mendengkur, badan lemah, demam, mudah letih, hidung mampet dan beragam gejala lain yang merugikan sebagai akibat dari penyakit yang menyerang amandel ini. Amandel yang membengkak diakibatkan karena reaksi radang sebenarnya sedang menyediakan imunitas agar dapat menjebak bakteri dan memungkinkan tubuh memproduksi antibodi terhadap aneka jenis bakteri dan virus tersebut.

Aneka virus, bakteri serta kontaminan yang ada di sana akan terperangkap serta tidak dapat lolos. Hal ini akan memungkinkan sistem kekebalan tubuh bekerja guna membunuh aneka kuman tersebut. Amandel sekaligus akan menghasilkan antibodi yang dapat menetralisir infeksi pernapasan. Sebagai contoh adalah pneumonia, infeksi telinga, bronkitis, radang tenggorokan dan lain-lain. Penyebab infeksi ini kerap datang dari tenggorokan, hidung ataupun mulut. Amandel yang akan bertugas dalam menghalau virus atau bakteri penyebab infeksi pernapasan.

Antibodi atau imunoglobulin sendiri adalah protein yang kerap ditemukan dalam darah serta cairan tubuh lainnya. Antibodi ini berasal dari aneka komponen sistem imunitas serta memberikan perlindungan yang cukup terhadap virus, parasit, bahan kimia, bakteri, jamur dan lain-lain. Pengobatan amandel nantinya akan disesuaikan jenis penyakit yang diderita. Penyakit radang amandel yang ringan umumnya hanya akan diberikan antibiotik guna membantu proses penyembuhan. Sementara penyakit amandel yang sudah menimbulkan kantong nanah akan diperlukan prosedur operasi. Demikian uraian seputar manfaat dari organ amandel ini.

Leave a Reply

Name *
Email *
Website